Senin, 11 Maret 2013

BINTANG MURIA

Muria adalah merupakan nama sebuah gunung di wilayah utara Kabupaten Kudus tepatnya di Desa Colo Kecamatan Dawe, yaitu sekitar 25km dari pusat kota. Gunung muria, termasuk gunung yang tidak aktif, sehingga banyak tumbuhan yang tumbuh lebat, dan sebagian masih berbentuk hutan belantara. selain itu, di gunung muria dihuni oleh komunitas manusia, sehingga di lereng-lereng gunung banyak sekali pemukiman penduduk. adanya sebuah komunitas pada pemukiman penduduk, pastilah mempunyai dampak yang negatif pada lingkungan. diantaranya, penebangan liar, perubahan lahan yang semula hutan belantara akibat kebutuhan manusia lahan-lahan tersebut dirubah menjadi lahan pertanian, sampah-sampah yang dihasilkan dari rumah tangga penduduk serta banyak lagi yang lainnya.

Sebetulnya, dampak-dampak negatif lingkungan sekarang ini menjadi sorotan tajam mata orang-orang yang peduli akan lingkungan, akan tetapi lain halnya di gunung muria, maka fokus mata haruslah lebih tajam dalam menatap dampak negatif tersebut. betapa tidak, gunung muria bisa dikatakan sumber kehidupan masyarkat Kudus, yaitu melalui tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh di gunung muria pasokan oksigen dapat terpenuhi, sumber mata air yang dikeluarkan dialirkan sampai ke dataran rendah di Kudus, serta banyak lagi yang lain. 
Kita bisa membayangkan, kalau keadaan yang ada di gunung muria itu berbanding terbalik?pepohonan penghasil oksigen sudah berkurang dan tidak bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia lagi, sumber mata air yang mengering dan sebagainya?lalu siapa yang akan memenuhi kebutuhan oksigen dan air yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kudus??

Kalau kita telusuri, dampak negatif tersebut akibat dari ulah tangan-tangan manusia sendiri. lalu siapa yang salah?apa kita berpikir bahwa penduduk yang tinggal di sekitar gunung muria tidak tahu akan hal itu?tentunya, bukan itu penyebabnya. Tidak adanya kesadaran mereka semua lah yang menjadi sumber penyebabnya. Mereka tahu dan paham akan dampak negatif yang dihasilkan dari tangan mereka, akan tetapi mereka tidak sadar dan tidak ada yang mau menyadarkannya.

Semoga Bintang Muria mampu menyadarkan mereka...do'a restu dari semua pihak menjadi kunci sukses agar Muria kembali hijau dan menjadi sumber kehidupan warga Kudus.